Linguistik



SOAL
1.    Jelaskan pengertian istilah berikut.
a)      Fon
b)      Fonem
c)      Fonologi
d)     Fonetik
e)      Fonemik
f)       Pasangan minimal
2.      Tulislah tiga jenis fonetik. Uraikanlah masing-masingnya dengan singkat.
3.      Fonetik jenis makalah yang sebaiknya dikaji secara mendalam oleh mahasiswa  Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jelaskan.
4.      Buku apakan yang Anda baca untuk memperluas pemahaman terhadap materi yang tersaji dalam blog Ibu itu? Tulislah;
a.       Nama pengarangnya;
b.      Judul buku/ artikelnya;
c.       Penerbitnya;
d.      nama Kota tempat buku itu diterbitkan;
e.       tahun terbitnya;
f.       (Jika Anda membaca sumber dari internet, cantumkanlah sistus lengkapnya).
5.    Tulislah manfaat yang Anda peroleh setelah mempelajari materi dan menjawab soal ini! 


JAWAB
1.    a. Fon, yaitu satuan terkecil yang menjadian kajian fonetik.
b. Fonem, yaitusatuan bunyi terkecil yang menjadi objek kajian fonemik. 
c. Fonologi, berasal dari gabungan kata fon yang berarti ‘bunyi’, dan logi berarti ‘ilmu’. Sebagai sebuah ilmu, fonologi lazim diartikan sebagai bagian dari kajian linguistik yang mempelajari, membahas, membicarakan, dan menganalisis bunyi-bunyi bahasa yang diproduksi oleh alat-alat ucap manusia.
d. Fonetik, sebagai cabang fonologi yang mengkaji bunyi-bunyi bahasa tanpa memperhatikan setatusnya, apakah bunyi-bunyi bahasa itu dapat membedakan makna (kata) atau tidak.
e. Fonemik, cabang kajian fonologi yang mengkaji bunyi-bunyi bahasa dengan memperhatikan fungsinya sebagai pembeda makna (kata).
f. Pasangan minimal,
2. Ada tiga macam fonetik berdasarkan di mana beradanya bunyi bahasa ketika dikaji, yaitu:
a. Fonetik artikulatoris,  yaitusewaktu bunyi berada dalam proses produksi di dalam mulut penutur, dia menjadi objek kajian fonetik artikulatoris atau ponetik organis. Fonetik artikulatoris disebut juga fonetik organis atau fonetik fisikologis meneliti bagaimana bunyi-bunyi bahasa itu diproduksi oleh alat-alat ucap manusia. Pembahasannya ntara lain meliputi masalah alat-alat ucap yang digunakan dalam memproduksi bunyi bahasa itu; mekanisme arus udara yang digunakan dalam memproduksi bunyi bahasa; bagaimana bunyi bahasa itu dibuat; mengenai klasifikasi bunyi bahasa yang dihasilkan serta apa kriteria yang digunakan; mengenai silabel; dan mengenai unsur-unsur atau ciri-ciri suprasegmental, seperti tekanan, jeda, durasi, dan nada.
b.  Fonetik akustik, yaitu sewaktu bunyi bahasa itu berada atu sedang merambat di udara menuju telinga pendengar, dia menjadi objek kajian fonetik akustik. Fonetik akustikobjeknya adalah bunyi bahasa ketika merambat di udara, antara lain membicarakan: gelombang bunyi beserta frekuensi dan kecepatannya ketika merambat di udara, spektrum, tekanan, dan intensitas bunyi. Juga mengenai skala decibel, resonasi, akustik produksi bunyi, serta pengukuran akustik.
c. Fonetik auditoris, yaitu sewaktu bunyi bahasa itu sampai atau berada di telinga pendengar, dia menjadi objek kajian fonetik auditoris. Fonetik auditoris meneliti bagai mana bunyi-bunyi sampai “diterima” oleh telinga, sehingga bunyi-bunyi itu bisa didengar dan dapat dipahami. Bagaimana mekanisme penerimaan bunyi bahasa itu, sehingga bisa dipahami.
4. a. Nama pengarang: Abdul Chaer
b. Judul buku: Fonologi Bahasa Indonesia
c. Penerbit: Rineka Cipta
d. Diterbitkan: Jakarta, Kompleks Perkantoran Mitra Matraman Blok B No. 1-2
e. Tahun terbit: 2009
5. Setelah saya membaca buku Fonologi BahasaIOndonrsia karya Abdul Chaer, merasa lebih mudah memahami dari satu persatu pertanyaan yang diberikan oleh Ibu. Sebelumnya hanya bisa menjawab sepemahaman dan diterawang. Bahasa yang digunakan dalam buku karangan Abdul Chaer mudah dipahami, sehingga dalam menjabarkannya lebih nyaman dengan menggunakan bahasa sendiri. Ilmu tentang fonologi bagian BAB 1 dan 2 alhamdulilah bisa saya jawab. Karena sebagian besar isi yang dicari untuk jawaban tugas ada di buku.
                                    

Belum ada Komentar untuk "Linguistik "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel