PENGELOLAAN KELAS BAHASA INDONESIA
A. Pengelolaan Kelas Bahasa
Pengelolaan kelas adalah pengaturan segala sesuatu yang dapat menunjang keberhasilan proses belajar mengajar secara sistematis.
Pengelolaan kelas bahasa adalah pengaturan segala sesuatu yang dapat menunjang keberhasilan proses belajar mengajar secara sistematis.
Menurut Tarigan (1989: 3), keberhasilan suatu proses belajar mengajar ditentukan oleh hal-hal berikut ini:
a. prestasi belajar,
b. prestasi pengajar, dan
c. prestasi system (yang melibatkan pembekajar dan pengajar)
Pembelajaran bahasa yang baik adalah pembelajaran yang komunikatif dan integratif. Pembelajar dikondisikan untuk mempelajari hal-hal yang bersifat komunikatif. Artinya, pembelajar mempelajari hal ihwal berbahasa dan bukan mempelajarai tentang bahasa. Pembelajaran seperti ini adalah pembelajaran yang berorientasi kepada kecakapan atau kemahiran.
Pengelolaan pembelajaran bahasa ini meliputi pengaturan pembelajaran bahasa di dalam ruangan dan di luar ruangan.
1. Pengelolaan kelas bahasa di dalam kelas (untuk siswa SD)
a. Hal yang harus diperhatikan dekorasi kelas dibuat semenarik mungkin untuk menciptakan kenyamanan dalam proses belajar.
b. Papan kelas dilengkapai dengan kapur berwarna.
c. Kenyamanan, kelengkapan media pembelajar disiapkan dengan baik (untik siswa SMA)
2. Pengelolaan kelas bahasa di luar kelas
Belajar di luar kelas bisa dengan mengunjungi tempat-tempat umum, seperti pasar, terminal, musiem, tempat makan dan tempat hiburan.Tujuannya yaitu melatih keterampilan kemampuan produktif siswa, melatih daya berfikir siswa dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Bisa juga menggunakan masyarakat sebagai lingkungan sosial yang tujuannya agar siswa lebih bergairah, menemukan pengalaman baru, melatih berinteraksi dengan orang lain.
B. Pengelolaan Pembelajaran Bahasa
Pengelolaan pembelajaran kelas bahasa dibagi tiga, yaitu:
1. Individual
2. Kelompok
3. Klasikal
Pengelolaan pembelajaran bahasa secara individual:
1. Pengelolaan kelas metode langsung
2. Pengelolaan kelas metode audiolingual
3. Pengelolaan kelas metode audiolingual
Pengelolaan kelas secara kelompok:
1. Pengelolaan kelas metode langsung
2. Pengelolaan kelas metode audiolingual
3. Pengelolaan kelas pendekatan ganda
4. Pengelolaan kelas belajar bahasa masyarakat
Pengelolaan kelas secara klasikal:
1. Pengelolaan kelas responsi fisik total
2. Pengelolaan kelas metode audiolingual
Belum ada Komentar untuk "PENGELOLAAN KELAS BAHASA INDONESIA"
Posting Komentar